Tim Dinas Kesehatan Pantau Sanitasi Pondok Pesantren

Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan Aceh turun ke sejumlah pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh untuk memantau Sanitasi di Pondok Pesantren.

Saat turun ke pesantren tim dinas kesehatan provinsi ikut didampingi oleh tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh serta Tim Puskesmas tempat domisili pesantren yang dituju.

Kasie Kesling dan Kesjaor, Dinas Kesehatan Aceh, Dr. T. Maulana, SKM, M.Kes, kepada media ini menyebutkan bahwa tim turun untuk memotret kesehatan lingkungan dan sanitasi yang ada di pondok pesantren yang dikunjungi.

Hal ini penting demi memutus mata rantai penularan penyakit yang berbasis lingkungan di tempat-tempat umum, terutama yang ada dipondok pesantren, sebut Maulana.

“Ini semacam inspeksi kesehatan lingkunganlah, sifatnya pembinaan. Nanti diharapkan pembinaan ini dapat berkelanjutan sehingga dapat terwujud pesantren sehat”, harapnya.

Di Kota Banda Tim berkunjung ke pesantren Darul Ulum dan Insyafuddin yang berada di kecamatan Kuta Alam.

Dalam kunjungannya tim Dinas Kesehatan Aceh bertemu dengan unsur pimpinan pondok pesantren.

Tim diterima oleh Ust Lukman Nurhidayat dan Ust Zulfikar untuk menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan tim yaitu melakukan intervensi kesehatan lingkungan pondok pesantren serta menyerahkan bantuan paket sanitarian kit berupa desinfektan beserta botol semprot, lap desinfeksi, sabun antiseptic, lap tangan gantung, gunting kuku, pembalut, masker, jerigen lipat, serta material promosi kesehatan lainnya.

Selanjutnya tim melakukan observasi inspeksi ke dapur pontren, asrama, melihat sistim pengelolaan air dan limbah, ruang belajar, tempat pengelolaan makanan dan lingkungan pontren Darul ulum dan insyafuddin.

Dari hasil intervensi yang dilakukan ada beberapa permasalahan yang harus ditindaklanjuti oleh pondok pesantren terutama terkait kebersihan lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Tim menyarankan untuk selalu menjaga hygiene dan sanitasi dengan menerapkan PHBS. Pihak pesantren berjanji kedepan akan terus meningkatkan kualitas dan lingkungan pontren yang lebih baik dan lebih sehat dengan melibatkan seluruh karyawan/guru, santriwan/santriwati dalam mewujudkan pondok pesantren yang sehat.

Sedangkan di Aceh Besar tim berkunjung ke Pesantren Ule Titi, Kecamatan Ingin Jaya dan juga ke Dayah Istiqamutuddin, Darussalam yang berada di Kecamatan Montasiek.

Sumber : https://dinkes.acehprov.go.id/detailpost/tim-dinas-kesehatan-pantau-sanitasi-pondok-pesantren