Musim Hujan, Waspada Penyakit Ini

Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mengingatkan warga, mewaspadai penyebaran penyakit Demam Berdarah (DBD), dan penyakit yang dipicu buruknya sanitasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr. Asep Hendra menjelaskan, saat musim hujan, penyebaran DBD rentan terjadi, dikarenakan genangan air hujan yang tidak dibersihkan.Akibatnya lanjut Asep, nyamuk berkembang biak dan akhirnya menjangkit warga yang berada dilingkungan tersebut.”Bukan hanya genangan air, jentik nyamuk juga bisa tumbuh di air dispenser, termasuk di tempat minuman burung peliharaan. Maka harus rajin juga membersihkan semua tempat dari tempat berkembangbiaknya nyamuk,” katanya kepada RRI, Jumat (17/11/2023).

Sementara itu tidak hanya DBD, musim hujan juga rentan akan penyebaran penyakit akibat buruknya sanitasi.”Karena BAB sembarangan misalnya, airnya menyerap ke tanah kemudian masuk ke sumur, dan mencemari. Akhirnya menyebabkan diare, dan penyakit lainnya,” jelasnya.Tidak hanya itu, penyakit Inspeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) tambah Asep, juga kerap muncul disaat musim hujan.“Ini juga harus diwaspadai, perbanyak istirahat, dan tetap jaga PHBS,” pungkasnya.

Sumber : https://www.rri.co.id/bandung/kesehatan/448039/musim-hujan-waspada-penyakit-ini