Peningkatan Penerapan Sanitasi Bersih dan Kesehatan Lingkungan

Hunian yang baik adalah hunian yang membuat penghuninya nyaman dan terjaga kesehatannya. Dalam hunian yang nyaman diperlukan sebuah faktor pendukung yang sangat erat dengan perilaku para penghuninya. Faktor-faktor pendukung yang dimaksud adalah penerapan sanitasi bersih dan menerapkan prinsip kesehatan lingkungan.

Dalam mencapai sanitasi bersih perlu dilakukan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam hunian masyarakat. Untuk meningkatkan akan pola pikir pentingnya sanitasi bersih dan pola hidup bersih dan sehat dalam hunian masyarakat maka diperlukan gerakan untuk melakukan sosialisasi kepada khalayak masyarakat. Oleh karena itu, dilaksanakan kegiatan berupa sosialisasi oleh mahasiswa yang merupakan penulis pada masyarakat yang bertepatan di lingkungan perumahan The Royal Park Residence desa Gunung Anyar Tambak, kecamatan Gunung Anyar, Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 10 Desember 2022 dengan mengangkat tema “Penerapan Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan Dalam Hunian Masyarakat Demi Keberlanjutan Lingkungan”. Dalam sosialisasi dihadiri oleh sejumlah pemuda yang bertempat tinggal di lingkungan tersebut dan untuk lokasi dilakukan sosialisasi berada di rumah salah satu warga.

Peningkatan Penerapan Sanitasi Bersih dan Kesehatan Lingkungan

Poin-poin materi yang disampaikan pada kegiatan sosialisasi ini antaralain:

• Pengertian perihal sanitasi dan prinsip kesehatan lingkungan

• Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam hunian

• Penerapan prinsip sanitasi bersih dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam hunian.

• Pengelolaan fasilitas kegiatan sanitasi dan fasilitas dalam menerapkan kesehatan lingkungan

Penerapan perihal sanitasi bersih dan prinsip kesehatan lingkungan yang disampaikan adalah bagaimana melakukan kegiatan sanitasi yang benar dan baik agar tidak menimbulkan penyakit yang berbahaya terhadap kesehatan masyarakat. Sanitasi bersih dapat dilakukan dengan menyediakan kamar mandi atau toilet pada setiap hunian. Dalam pelaksanaan sanitasi dengan adanya kamar mandi atau toilet maka diperlukan air bersih dalam kegiatannya. Penggunaan air bersih ini akan menimbulkan sebuah timbulan limbah cair yaitu grey water dan black water. Limbah cair ini perlu dilakukan pengelolaan dan pengolahan agar mendukung sanitasi dan kesehatan lingkungan demi keberlanjutan lingkungan yaitu dengan menyediakan septic tank dan sumur resapan.

Selain itu disampaikan juga untuk mendukung keberlanjutan lingkungan juga perlu dilakukan pola hidup bersih dan sehat oleh masyarakat. Pola hidup bersih dan sehat yang disampaikan kepada masyarakat yang datang pada kegiatan sosialisai ini, kami mengambil contoh yang mudah yaitu dengan membuang sampah tidak sembarangan serta melakukan manajemen terhadap sampah yang dihasilkan. Manajemen sampah ini dapat dilakukan dengan cara melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik sehingga sampah tidak tercampur dan tidak menimbulkan dampak yang sangat serius seperti bau dan penyakit yang diakibatkan karena sampah.

Dalam perawatan fasilitas sanitasi ini kami sebagai pelaksana menyampaikan hal tersebut dengan cara yaitu menjaga kebersihan fasilitas kamar mandi dan toilet, melakukan pemeliharaan dan perbaikan jika terdapat kerusakan pada saluran pembuangan air limbah dari kegiatan sanitasi dan septic tank dengan cara melakukan pengurasan minimal 3 tahun sekali. Dalam melakukan sanitasi pada kamar mandi dan perawatannya jangan membuang zat yang berhaya terhadap keberlangsungan bakteri pada septic tank seperti sabun pembersih yang memiliki tingkat konsentrasi tinggi.

Untuk penerapan sanitasi bersih dan kesehatan lingkungan dalam hunian masyarakat di lingkungan The Royal Park Residence sudah cukup baik. Berdasarkan pengamatan dan pemaparan yang disampaikan oleh masyarakat setiap rumah sudah memiliki fasilitas sanitasi bersih dan kehidupan bersih dan sehat sudah tersedia dan kondisinya baik. Namun tetap juga perlu selalu ditingkatkan perihal pola pikir sanitasi bersih dan kesehatan lingkungan.

Setelah melakukan sosialisai ini diharapkan masyarakat akan selalu sadar dan paham akan melakukan sanitasi bersih dalam melaksanakan hunian masyarakat. Karena berawal dari masyarakat sendiri lingkungan yang bersih sehat dan dapat diproyeksikan akan keberlanjutannya dapat tercapai.

Sumber : https://kumparan.com/adjiii/peningkatan-penerapan-sanitasi-bersih-dan-kesehatan-lingkungan-1zVdWlHOFEg/full