PELATIHAN PENGGUNAAN SANITARIAN KIT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROGRAM

Untuk meningkatkan kualitas SDM Kesehatan lingkungan maka pada kesempatan kali ini diundang nara sumber untuk melatih pemanfaatan Sanitarian Kit.

Apalagi Kontribusi lingkungan dalam mewujudkan derajat kesehatan merupakan hal yang essensial di samping masalah perilaku masyarakat, pelayanan kesehatan dan faktor keturunan.

Lingkungan memberikan kontribusi terbesar terhadap timbulnya masalah kesehatan masyarakat. Kesehatan Lingkungan merupakan upaya perlindungan, pengelolaan, dan modifikasi lingkungan yang diarahkan menuju keseimbangan ekologi pada tingkat kesejahteraan manusia yang semakin meningkat.

Maka dibutuhkan peran sanitarian sebagai pelaksana pengamatan kesehatan lingkungan, pengawasan kesehatan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka perbaikan kualitas kesehatan lingkungan untuk dapat memelihara, melindungi dan meningkatkan cara-cara hidup bersih dan sehat.

Salah satu peran dari sanitarian adalah mampu menggunakan alat Sanitarian Kit  dalam melakukan pengawasan dan pemantauan kesehatan di lingkungannya. Sayangnya pada saat ini pelatihan masih dilakukan secara daring karena narasumber tidak bisa hadir secara langsung sehingga masih belum optimal tetapi paling tidak Tenaga Sanitarian sudah paham bagaimana pemanfaatannya dan terus belajar.

Sanitarian Kit adalah alat untuk melakukan pemeriksaan terhadap kualitas sanitasi dan kesehatan lingkungan langsung di lapangan dilengkapi juga alat pemeriksaan udara dan deteksi cemaran makanan serta pelaporan hasil uji untuk seluruh parameter.

Sumber : https://ppid.jemberkab.go.id/berita-ppid/detail/pelatihan-penggunaan-sanitarian-kit-untuk-meningkatkan-kualitas-program

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *