Pentingnya Edukasi Kesehatan Lingkungan Sejak Dini

Menjaga Sanitarian kit / Kesling Kit sudah menjadi kewajiban bagi setiap individu, selain untuk menjaga lingkungan dan alam kita semakin lestari, juga agarĀ Good PeopleĀ dan keluarga terhindar dari penyakit. Lingkungan semakin sehat, tubuh kita juga semakin terjamin kesehatannya karena terhindar dari penyakit, karena seperti yang kita ketahui, kesehatan itu mahal.

Memang tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, menkomsumsi makananan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang diabaikan karena kesibukan dan aktivitas yang padat sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Lingkungan yang tidak sehat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang mengkhawatirkan adalah deman berdarah (DBD).

Kebersihan lingkungan berarti keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya; debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat. Dan elemen yang bisa membuat lingkungan Good People bersih adalah lingkungan yang menjadi lebih sejuk, bebas dari polusi udara, air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.

Lingkungan dipengaruhi oleh penghuninya yang bisa menentukan kebersihannya. Perlu kesadaran dan tingkat pengetahuan tentang hal-hal yang terkait dengan lingkungan. Kebersihan lingkungan bukan kewajiban bagi para petugas kebersihan, namun bagi setiap individu. Kesadaran lingkungan bisa dimulai dari individu, di rumah, di tempat kerja hingga di lingkungan masyarakat. Hal yang sederhana seperti mengurangi penggunaan plastik dengan menggunakan botol tumbler seperti dari Thermos yang hadir untuk mengurangi penggunaan botol plastik.

Menjaga kebersihan lingkungan tidaklah terikat pada tempat dimana kita tinggal, tetapi dimanapun kita berada, maka kewajiban untuk turut menjaga dan merawatnya, secara otomatis juga berada di pribadi Good People. Kemudian bisa melanjutkannya dengan menjaga kebersihan rumah dan halaman. Karena kebersihan rumah dan halaman akan membuat kita menjadi lebih terbiasa untuk membersihkan lingkungan lainnya. Menyapu rumah dan juga halaman yang dijadwalkan rutin, tidak menunggu pada saat kotor saja.

Hal terpenting dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah untuk tetap membiasakan hal-hal baik seperti kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Mencoba untuk memilah-milah sampah. Ada yang bisa dijadikan pupuk kompos, ada yang bisa dibakar, bahkan ada yang bisa didaur ulang. Kemudian yang paling penting dalam hal ini juga adalah membiasakan untuk gotong royong membersihkan lingkungan bersama. Selain bisa menjaga lingkungan tetap sehat, juga bisa menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *