Sanitasi Buruk Picu Kematian di Papua

Salah satu penyakit menular yang rentan menyerang anak-anak karena kesulitan air bersih adalah diare. Apalagi kondisi ini paling banyak terjadi di wilayah pedesaan dan Indonesia Timur. Kurangnya air bersih menyebabkan masalah Sanitarian kit / Kesling Kit yang buruk.

Pedesaan merupakan wilayah yang banyak mengalami kesulitan akses air bersih. Ketersediaan dana juga menjadi tantangan dalam mewujudkan 100 persen air bersih ini. Salah satu upaya efektif mengatasi persoalan itu adalah mengoptimalkan potensi perusahaan air baik di pedesaan maupun perkotaan.

Organisasi berbasis komunitas untuk menyediakan layanan air dan sanitasi bagi masyarakat terutama bagi kesehatan digagas dalam program Water Credit oleh Water.org.

“Memang masalah krisis air bersih tak lepas dari diare dan stunting. Tentu yang harus dilakukan adalah peningkatan kualitas air. Ketika sistem itu terbangun, kami uji kualitas lab bahwa itu memang layak,” kata Country Manager Water.org Rachmad Hidayat dalam konferensi pers, Jumat (23/11).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *