Pembangunan Sanitasi Air Bersih, Upaya Tanggulangi Kekurangan Air Bersih

Demi memenuhi ketersediaan air bersih di Desa Blimbing Kecamatan Klabang,Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bondowoso bangun sanitasi air bersih di beberpa titik.

Pembangunan sanitasi air bersih tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Bondowoso KH.Salwa Arifin, setidaknya bisa dialirkan ke beberpa rumah yang notabeni belum memiliki sumur, Selasa (29/10/2019).

Menurut Bupati Salwa,pembangunan sanitasi air bersih merupakan salah satu bentuk menanggulangi kekurangan air bersih saat musim kemarau.

“Pembangunan ini sebagai salah satu bentuk untuk menanggulangi kekurangan air bersih di Desa Blimbing, mengingat musim kemarau yang begitu panjang” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar masyarakat bisa berpartisipasi untuk terus menjaga dan memelihara pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

Sementara menurut kepala Bidang Cipta Karya dan Tata Ruang PUPR Bondowoso Syahrial Fary mengungkapkan bahwa pembangunan air bersih ini tidak menggunakan pengeboran.

” Kita tidak memakai pengeboran,karena di Desa Blimbing ini mempuyai sumber mata air yang cukup besar,sehingga kita menggunakan sistem pola grafitasi untuk mengalirkan air bersih” kata Syahrizal Fany.

Dirinya juga menambahkan bahwa pembangunan sanitasi air bersih tersebut bisa dimanfaatkan oleh 80 Rumah.

“Itu bisa digunakan sekitar 80 rumah dengan debit air 3 liter dalam per detik dan air ini bisa digunakan selama 24 jam,jadi masyarakat tidak perlu menggunakan mesin pompa air untuk menggunakan air bersih” ungkapnya.

Pembangunan sanitasi air bersih tersebut menghabiskan dana sekitar 200 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Bondowoso Tahun 2019. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *