Solusi Pencemaran Sungai dan Air Tanah di Jakarta

Indonesia menghadapi masalah air bersih dan sanitasi yang serius. Data Global Water Market tahun 2008 menyebutkan, dalam hal penyediaan air bersih dan fasilitas sanitasi, Indonesia masih kalah dengan negara tetangga seperti Filipina, Thailand, dan Malaysia.  

Jakarta sendiri merupakan salah satu kota di dunia yang buruk dalam hal pelayanan air bersih untuk warganya. Pencemaran sungai dan air tanah berada dalam tingkat mengkhawatirkan. Pembenahan dan pengembangan sistem pengolahan air bersih dan sanitasi di Jakarta menjadi prioritas bagi pemerintah Indonesia.

vDalam kaitan ini pemerintah Indonesia bekerjasama dengan pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk menangani pencemaran sungai dan pengembangan sanitasi. Di Jakarta, proyek kerjasama ini diwujudkan dengan mengirim tenaga ahli Jepang untuk membantu menyusun master plan pengelolaan limbah air dan penataan lingkungan perkotaan. Hasilnya menjadi dasar bagi pemerintah Jakarta untuk menangani masalah pencemaran sungai, pencemaran air tanah, dan penyediaaan fasilitas sanitasi. Kerjasama dua negara ini terus berlangsung hingga hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *